Dapatkan tiket itu yukkk....!!


Mencapai kekusyukan dalam sholat, emang susah-susah gampang. semua itu kembali lagi pada diri kita sendiri, yang benar-benar harus menghadirkan Allah di dalam sholat-sholat kita. Jangan sampe membayangkan setiap episode-episode sinetron dalam sholat, wah bisa berabe dah entar. Ya udah, nih ada sedikit pengetahuan tentang mendapatkan kekusyukan sholat yang aku ambil dari sebuah buku yang bagus banget.

    • Tafahhum artinya memahami terhadap tata cara shalat yang meliputi amalan hati, lisan dan amalan anggota badan. Dengan kata lain kita harus memahami hakekat shalat seperti, bacaan dalam shalat, zikir, doa, dan ayat.

    • Ta’zhim artinya mengagungkan Allah dengan penuh penghayatan. Dengan ta’zhim seorang hamba, akan menjadi pelayan Allah dibumi dan segala sifat kesombongan dan keangkuhan akan sirna.

    • Haybah artinya merasa kagum akan keagungan Allah. Melalui ekspresi jiwa melantunkan zikir, dan doa penuh penghayatan.

    • Raja’ artinya harapan atau sikap optimis. Yaitu mendambakan kasih sayang Allah dengan memenuhi perintah dan menjauhi larangan-Nya.

    • Haya’ yaitu merasa malu kepada Allah atas dosa yang pernah diperbuat dan kualitas ibadah  yang tidak meningkat dari hari-kehari.
     Criteria kusyu’ itu diukur oleh Allah sebatas kemampuan manusia. Penting dicatat bahwa ketika pikiranmu terbawa oleh urusan lain, maka segera kembalikan lagi ke dalam shalatmu. Sebab dalam melakukan ibadah kita harus mampu seakan-akan melihat Allah Ta’ala. Namun, jika tidak mampu, yakinlah bahwa Allah melihat kita. Itu sudah memadai.”ujar Rasulullah SAW.

    Komentar