Kisah Arloji yang Tertinggal

"Kehilangan barang yang kita sayangi itu ujian". Demikian,  saya coba berlapang hati malam itu, saat tahu arloji saya ketinggalan di Musola gedung DPR Senayan, Jakarta. 

Hari itu,  malam jumat (10/1/2019). Usai liputan plus mengetik berita di gedung DPR,  saya mampir sejenak ke musola mini di lantai dua untuk solat Isya sebelum bertolak pulang ke rumah. Dalam perjalanan pulang,  saya tak punya firasat bahwa ada barang saya yang tertinggal. Hingga pada akhirnya,  saya baru menyadari kehilangan jam tangan saat hendak tidur. 

Tas ransel saya bongkar habis. Hasilnya nihil,  yang saya cari tak ketemu.  Lagi,  saya obrak abrik tas,  berharap yang saya cari terselip di sela-sela tas. Dan,  tetap Nihil. 

Saya mencoba mengingat-ingat di mana saya meletakkan jam itu,lalu saya ambil kesimpulan arloji itu ada di antara dua tempat,  toilet atau musola. Saat saya wudhu tentu benda itu saya lepas.  Dengan perasaan campur aduk,  saya pun berusaha tidur. 

Tak bisa tidur,  saya coba ambil ponsel dan membuka youtube.  Saya cari pembahasan video mengenai apa yang harus dilakukan muslim saat tahu barangnya hilang atau tertinggal seperti yang saya alami. Alhamdulillah,  ketemu sebuah pembahasan singkat mengenai barang yang hilang atau tertinggal. 

Di video tersebut terdapat doa yang bisa dibaca ketika kehilangan sesuatu. Berikut doanya :



اَللَّهُمَّ يَا جَامِعَ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَا رَيْبَ فِيْهِ اِجْمَعْ بَيْنِيْ وَبَيْنَ ضَالَّتِيْ فِيْ خَيْرٍ وَعَافِيَةٍ

Allâhumma yâ jâmi‘an nâsi liyaumin lâ raiba fîh, ijma’ bainî wa baina dlâllatî fî khairin wa ‘âfiyah

Artinya, “Wahai Tuhanku, wahai Tuhan yang mengumpulkan semua manusia di hari yang tiada ragu lagi padanya. Pertemukan aku dan barangku yang hilang dengan kebaikan dan ‘afiyah,” (Lihat Sayid Utsman bin Yahya, Maslakul Akhyar, Cetakan Al-‘Aidrus, Jakarta).
Doa ini saya kutip dari laman:
http://www.nu.or.id/post/read/66729/doa-ketika-kehilangan-barang


Saya baca doa itu dengan berharap kebaikan yang diberikan Rabb, saya memohon semoga barang tersebut ketemu. 

Esoknya,  menjelang waktu sholat jumat,  saya mampir ke gedung DPR lagi dan mulai bertanya kepada satpam yang berjaga. Ia mengaku tak ada titipan barang tercecer yang disimpan oleh petugas jaga sejak semalam.

Saya pun beranjak ke lantai dua,  masuk ke musola dan mulai mencarinya di sekitar karpet sejadah. Namun,  hasilnya nihil. 
Dok pribadi 

Saya coba bertanya dengan beberapa petugas di sekitar musola,  smoga ada petugas kebersihan yang tahu keberadaan jam saya dan bisa mengembalikannya.  Namun, tak ada satu pun yang tahu kemana gerangan arloji yang saya cari. Saya coba ke toilet, namun tetap tak menemukannya. 

Saya pun curhat dengan  seorang ibu yang bertugas di lantai dua,  namun dia seperti pesimis barang milik saya bisa ketemu. Sebab,  di lantai tersebut ramai berseliweran para pekerja tekniksi yang memperbaiki beberapa sudut gedung DPR. Bisa jadi barang saya sudah kandas. 

Mencoba ikhtiar,  saya pun memberi kartu nama saya kepada seorang petugas. Jika  suatu hari barang yang saya cari ketemu, beliau bisa  menghubungi saya. 

Kalau boleh jujur,  arloji itu bermakna sekali buat saya,  ini bukan soal harga arloji itu,  namun karena benda  itu pemberian  dari seorang rekan kerja yang sudah saya anggap seperti mbak saya. Arloji itu sebagai kenang-kenangan dia untuk saya setelah ia resign dari kantor.

Jujur,  saya termasuk jarang pakai jam tangan, namun sejak hadiah itu saya buka,   saya  memakainya kecuali kalau lagi lupa.. Hehe...

Saya berprinsip,  jagalah barang atau pemberian dari siapapun sebagai bentuk menghargai pemberian. Ketika arloji ini hilang, saya merasa seperti tidak menghargai pemberian orang. Apalagi dulu kasus ketinggalan arloji pernah saya alami di mesjid. Hehe.. Penyakitnya sama,  karena lupa sehingga gak sadar saya tinggalkan jam tangan itu di mesjid. Alhamdulillah saat itu ketemu,  bersyukur bapak penjaga mesjid yang menyimpan barang itu. 

Kembali ke kisah tadi,  setelah kartu nama saya serahkan ke bapak petugas,  saya belum beranjak dari depan pintu musola. Qadarullah,  hati kecil seperti berbisik pelan,  seolah meminta saya untuk masuk lagi ke musola dan mencari kembali arloji itu. 

Saya pun manut,  masuk kembali dan mulai mencari cari di seluk beluk lemari tempat penyimpanan mukena. Tak sampai lima menit,  tangan saya menyentuh arloji yang saya cari disela sela mukena yang tersusun rapi.  Alhamdulillah ya Allah,  hati saya meleleh, ada perasaan haru campur aduk,  saya langsung sujud, bersyukur atas pemberian - Nya. 

Saya yakin ada orang baik yang dikirim Rabbi untuk menyimpan jam saya di lemari itu,  mungkin supaya tidak tercecer. Alhamdulillah,  terima kasih ya rabbul a'laminn.. 

Dari kisah ini,  saya pribadi belajar sesuatu,  agar tidak lagi lalai. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca,  sebab pada akhirnya arloji yang saya pikir sudah pindah ke tangan lain itu ternyata tidak hilang. 

Alhamdulillah, pelajaran pentingnya,  bahwa doa dan ikhtiar adalah perpaduan yang tak bisa jalan sendiri, keduanya harus bersinergi untuk mencapai sesuatu yang dicari. Mungkin,  kalau saya tidak ikhtiar dengan kembali ke DPR, dan berharap arloji itu kembali seketika,  rasanya mustahil. Sang Khalik sudah mengatur sangat apik skenario hidup, kiranya jika barang itu benar benar  hilang, sudah sepatutnya  hadirkan lapang dada, dan berusaha memperbaiki diri agar tak lagi ceroboh di masa mendatang. 






Komentar