Ramadhan Sudah Datang

Saya mengenal ramadhan 16 tahun lalu, tepatnya di usia tujuh tahun saat saya  masih duduk di kelas 1 SD. Ramadhan mengajarkan saya tentang bagaimana menahan lapar dan haus dari pagi hingga petang, mengajak saya untuk belajar merasakan apa yang dirasakan mereka yang kelaparan di luar sana.

Ramadhan menyimpan jutaan makna jika kita mau menelusurinya lebih jauh. Bayangkan, setiap malam milyaran umat Islam yang tersebar di dunia ini melantunkan firman Allah dengan penuh rasa syukur. Ramadhan yang selalu dinanti umat Islam setiap tahunnya selalu hadir dengan berbagai karunia, yakni dengan melimpahnya  'beasiswa' pahala yang dilipatgandakan oleh Rabbi Yang Maha Penyayang. 
capture by self (dok.pribadi)
Ramadhan hadir membawa keberkahan, membawa kedamaian bagi jiwa-jiwa yang butuh penyejuk iman, jiwa-jiwa yang berharap mampu memperbaiki diri menjadi insan yang lebih baik dari sebelumnya. Menjadi pribadi yang tidak saja dicintai Tuhannya, tapi juga pribadi yang mampu menjaga ukhuwah silaturahmi sesama manusia. :)


Allah telah mendatangkan bulan Ramadhan dengan berbuah kemuliaan yang tiada tara. Kalau saja ramadhan tidak ada, saya pribadi tidak akan pernah tahu bagaimana dahsyatnya menjalankan ibadah puasa, tidak akan pernah kenal dengan keutamaan beribadah di malam hari, bahkan tidak akan pernah merasakan nikmatnya sahur dan berbuka puasa seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Bulan mulia ini tidak hanya membawa keberkahan, tapi juga membawa hati untuk terus larut dalam ruang-ruang nyaman, di mana hati dibiasakan untuk tidak berteman dengan penyakit ghibah, iri , dengki, dan juga cercaan yang sering kali berkubang dalam hati manusia.

Keindahan yang ditawarkan ramadhan terus saja membekas dalam benak, senantiasa dirindukan, dan tak kan bisa terlupa. Ramadhan yang membuat saya bisa menikmati masa-masa berpuasa bersama keluarga, dan tak lupa berkunjung ke makam almarhumah nenek sebelum dan sesudah bulan ramadhan. Perkenalan dengan bulan ramadhan adalah rahmat yang harus disyukuri, Alhamdulillah.

"Dan ingatlah juga tatkala Tuhan-mu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (Ibrahim; 14 : 7)

Selamat datang ramadhan,
selamat datang bulan mulia,
Marhaban Ya Ramadhan ^_^

Lhokseumawe, 28 Juni 2014

@anggitaRAmalia

Komentar